Ansu Fati Lewati Rekor Lionel Messi Debut Pada Usia 16 Tahun

Iconbola – Laga Barcelona vs Real Betis pada jornada kedua La Liga 2019/2020, Senin (26/8/2019) dini hari menjadi momen indah bagi Ansu Fati. Sebab, dia mendapatkan debut di tim utama Barcelona saat usianya baru 16 tahun.

Pemain kelahiran Guinea-Bissau tersebut tampil mulai menit ke-78. Dia dimasukkan untuk menggantikan Carles Perez. Laga melawan Real Betis adalah debut bagi Ansu Fati. Dia menjalani debut ketika usianya baru 16 tahun sembilan bulan dan 15 hari. Bahkan lebih muda jika dibanding Lionel Messi saat debutnya.

Ansu Fati memang hanya berada di atas lapangan selama 12 menit. Tetapi, 12 menit tersebut akan selalu dia kenang. 12 menit yang sangat menegangkan dalam hidupnya. Momen yang sulit Ansu Fati tuangkan dalam rangkaian kata-kata.

“Sebenarnya saya sangat gugup, tetapi saya hanya bisa mengucap terima kasih pada semua pihak: klub, pelatih dan fans yang telah menerima saya dengan baik,” kata Ansu Fati di situs resmi Barcelona dikutip Agen Bola Online.

“Saya menatap orang tua saya, keluarga saya, mereka sudah menemani saya sampai meraih semua ini,” imbuh Ansu Fati.

Ansu Fati tercatat sebagai pemain paling muda kedua yang menjalani debit di tim senior Barcelona. Menurut pengamatan Bandar Bola, rekor debutnya bahkan melewati apa yang dilakukan oleh Lionel Messi. La Pulga menjalani debut pada usia 17 tahun tiga bulan dan 26 tahun. Ansu Fati hanya kalah dari Vincente Martinez yang menjalani debut pada usia 16 tahun sembilan bulan dan tujuh hari pada tahun 1941 silam.

Ansu Fati merupakan pemain jebolan La Masia. Pada tahun 2019 ini, dia memperkuat tim junior Barcelona yang berlaga di UEFA Youth League atau Liga Champions untuk kelompok usia di bawah 19 tahun. Ansu Fati, yang lahir pada tahun 2002, tampil bagus pada ajang UEFA Youth League. Sebanyak empat gol dan tiga assist mampu dicetaknya dari sembilan laga yang dimainkan.

Usai laga melawan Real Betis, Ansu Fati mendapat kejutan lain. Lionel Messi, yang tidak bermain, secara khusus datang untuk menghampirinya. Sebuah pelukan dan ucapan selamat diberikan oleh Messi kepada Ansu Fati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *